Olahan Bambu UMKM BRI Masuk Pasar Global

bank bri bantu umkm

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau yang biasa dikenal dengan Bank BRI ini sukses mendorong pelaku usaha kecil , mikro dan menengah (UMKM) untuk dapat bertransformasi Go Digital dalam Pameran virtual UMKM EXPORT Brilianpreneur 2021. Salah satu pegiat usaha yang mengikuti jalan nya kegiatan ini adalah PT Arum Jaya Perdana , mereka menggunakan konsep produk Bamboo Arum Straw.

Founder Bamboo Arum Straw , Mistianingrum memberikan penjelasan bahwa salah satu alasan yang membuatnya mendirikan bisnis nya yaitu ketersediaan bahan baku yang melimpah di daerah asalnya Banyuwangi , selain itu juga tanaman bambu sendiri memiliki pertumbuhan yang memakan waktu cepat. Dengan begitu dia sangat optimistis bahwa bisnis nya tidak akan kekurangan bahan baku bambu untuk permintaan kapasitas produksi olahan bambu yang cukup banyak.

” Selain itu juga terdapat permasalahan yang menjadi topik hangat di seluruh dunia yaitu permasalahan lingkungan yang disebabkan limbah sampah plastik. Sehingga kami secara tidak langsung muncul rasa kesadaran akan pentingnya lingkungan bagi manusia untuk beralih menggunakan produk alami. Produksi bahan baku yang kami gunakan ini dapat digunakan secara berulang .” hal ini di sampaikan oleh Mistianingrum selaku Founder Bamboo Arum Straw.

Daerah Banyuwangi sendiri memiliki banyak bahan limbah kayu jati dan tanaman bambu sehingga dapat dimanfaatkan untuk menciptakan barang barang ramah lingkungan salah satunya ada Bamboo Arum Straw. Dalam pemasaran nya dapat menciptakan pangsa pasar baru , kemudian untuk proses pembuatan nya tidak menggunakan bahan kimia dan finishing nya dibuat secara rapi dan menarik.

Usaha Mistianingrum sendiri telah banyak mengikuti berbagai event UMKM , Pada tahun 2020 Brilianpreneur Export , usahanya tercatat dan mendapatkan juara 1 kategori Business Matching. Sejak tahun 2018 bisnis yang dijalani oleh Mistianingrum telah melakukan export produk Bamboo Arum Straw , namun pada waktu itu masih di bantu oleh vendor lain. lantas ia menyadari bahwa produk nya telah layak memenuhi kriteria export.

Seiring berjalan nya waktu pada tahun 2020 , Mistianingrum mendirikan badan usaha yang melakukan penjualan export sendiri. Produk Populernya Bamboo Arum Straw dan Bamboo Painting telah di ekspor ke beberapa negara antara lain Inggris, Amerika, Belgia, Italia, dan Albania.┬áSisi Penjualan dari Pasar Domestik sendiri ketika kondisi normal dapat menjual sekitar 20% – 30% . Selain membuat produksi olahan bambu , ia juga memproduksi limbah kayu jati menjadi tableware , kitchenware dan sebagainya.

Kamu bisa mempelajari tentang teknik industri atau bisa memilih berbagai jurusan yang sesuai dengan minat bakat di kampus terbaik semarang

Untuk informasi Mengenai dunia industri yang lainnya bisa di Cek di https://industri.blog.unisbank.ac.id/

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.