Konsep Dasar Sistem Kanban Industri Manufaktur

sistem kanban industri

Sistem kanban pada sebuah industri manufaktur merupakan sebuah sistem dorong ( Produksi) dan sistem tarik. Dalam proses memindahkan material dan membuat produk dapat menggunakan cara mendorong material. Berbeda dengan sistem tarik (Pull System) , proses ini akan menarik material dari proses sebelumnya berdasarkan kebutuhan aktual. Pada proses sebelum ( Presceding Process) tidak boleh memproduksi dan memberikan parts kepada proses sesudah sebelum ada permintaan produksi.

Pada dasarnya sistem kanban tarik bergerak pada pusat kerja (work center) dan digunakan sebagai alat untuk memindahkan parts (material) dari suatu tempat kerja ke tempat kerja lain. Proses sistem ini harus selalu mengikuti aliran material dari satu proses ke proses yang lain. Pada suatu kanban tarik harus menspesifikasikan nomor part (part number) dan tingkat revisi , lot size , dan proses routing. kanban tarik ini harus dapat menunjukan proses sebelum dan lokasi , serta proses sesudah dan lokasinya.

Kanban tarik berfungsi sebagai pengambilan parts (material) , sedangkan sistem kanban produksi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengeluarkan pesanan produksi kepada proses sebelum (preceding process) agar dapat memproduksi material lagi. Jika kanban tarik sudah berada di lokasi proses sebelum mengirimkan beberapa kontainer yang berisi part (material) , maka kanban produksi harus bersama kontainer pada saat itu. Dari kontainer tersebut selanjutnya akan di kirim ke proses sesudah.

sistem kanban

Dari gambar di atas tampak perbedaan antara sistem kanban dorong dengan sistem kanban tarik. sistem kanban dorong merupakan suatu proses yang saling beraliran tunggal , di mana aliran jadwal yang disusun dan aliral material dalam proses berada dalam daerah yang sama. Sementara itu , sistem tarik merupakan proses yang memiliki aliran ganda , dimana aliran yang berada dalam arah berbeda dengan aliran jadwal yang disusun itu. Dalam hal ini sistem kanban bisa untuk mengatur jadwal pada industri.

Pada dasarnya bentuk atau format dari sistem kanban produksi dan kanban tarik memiliki hal yang sama. Oleh karena itu , perlu di beri warna yang berbeda agar dapat memudahkan untuk membedakan sistem kanban nya. Dengan demikian semua pekerja mengetahui dan dapat membedakan dengan segera kedua jenis kartu kanban. Kanban tarik di dalam area pusat kerja akan memberikan prioritas yang tinggi daripada kanban produksi. Dalam kanban harus sesuai dengan prinsip dari sistem Just In Time (JIT).

Kamu bisa mempelajari tentang teknik industri atau bisa memilih berbagai jurusan yang sesuai dengan minat bakat di kampus terbaik semarang

Untuk informasi Mengenai dunia industri yang lainnya bisa di Cek di https://industri.blog.unisbank.ac.id/

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.