Ekonomi Digital Indonesia Memiliki Potensi

ekonomi digital

Ekonomi Digital indonesia memiliki potensi yang cukup besar dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Lanskap perekonomian global melakukan transformasi menuju tata kelola ekonomi baru dengan menerapkan percepatan teknologi digital terhadap berbagai industri untuk kehidupan masyarakat yang semakin mudah , termasuk juga indonesia. Menurut Data Studi dari Google, Temasek, dan Bain & Co menyebutkan bahwa total transaksi ekonomi digital yang ada di kawasan ASEAN sebesar 41,9% berasal dari indonesia.

Pada tahun 2020 Nilai transaksi ekonomi digital indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 11% atau mencapai US$ 44 Miliar sehingga dapat berkontribusi terhadap PDB indonesia. ” Potensi yang dimiliki Ekonomi digital indonesia sangat besar, ekonomi digital merupakan sumber perekonomian baru indonesia yang harus dikembangkan dengan menerapkan artificial intelligence (AI). adanya AI dapat memberikan sinergitas berbagai stakeholder antara pemerintah , swasta , pelaku usaha dan sebagainya.” Jelas Airlangga Hartarto.

Sejumlah faktor yang dimiliki indonesia memberikan kesempatan yang besar untuk pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri. beberapa faktor yang dapat mendukung antara lain indonesia merupakan negara populasi terbesar ke-4 di dunia yang memiliki jumlah penduduk usia produktif sebesar 191 juta atau 70,7% penduduk , sebagian besar nya merupakan generasi milenial dan z. Selain itu juga pengguna internet aktif indonesia sebesar 345,2 juta atau 73,7% , mengalami peningkatan sebesar 20% pada tahun 2020.

ekonomi digital indonesia

Sektor Edutech merupakan pendatang baru yang ada di indonesia. Tentunya melengkapi ekonomi digital yang ada di indonesia , pada tahun 2020 sektor tersebut mengalami peningkatan signifikan sebesar 200% dengan pengguna aktif mencapai 62% penduduk di indonesia. Selain itu juga kemunculan healthteach juga memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin melakuka medical chek up. untuk gelombang baru teknologi indonesia antara lain blokchain , artificial intelligence , Cloud computing , dan jaringan 5G.

” Untuk proyeksi target Pada tahun 2025 , Nilai transaksi dari ekonomi digital indonesia dapat mencapai US$ 124 Miliar. Dengan adanya potensi besar yang di miliki indonesia berbagai stakeholder yang melakukan pengembangan ekonomi digital diharapkan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat luas , selain itu memperluas jaringan digitalisasi di indonesia. nantinya dapat di perhitungkan menjadi pemain tingkat global. Karena potensi dari berbagai sektor memberikan dampak yang luar biasa.” Ujar Airlangga Hartarto , Menko Perekonomian.

Sebagai informasi , untuk kegiatan Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS 2021) yang di selenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) , akan di lakukan bersama dengan Kolaborasi Riset dan Inovasi Nasional (KORIKA) dan Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT)akan berlangsung pada 10 November 2021 – 13 November 2021. kegiatan ini diadakan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artificial dari berbagai pihak di indonesia.Dengan tujuan dapat memajukan kecerdasan artificial dalam negeri.

Kamu bisa mempelajari tentang teknik industri atau bisa memilih berbagai jurusan yang sesuai dengan minat bakat di kampus terbaik semarang

Untuk informasi Mengenai dunia industri yang lainnya bisa di Cek di https://industri.blog.unisbank.ac.id/

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.